Phacoel: Mencari Beasiswa Lewat Internet Search Engine

Kepada moderator milis beasiswa,

Terima kasih atas isi mailnya yang bagus. Saya kebetulan tidak terlalu aktif di milis ini, walau kadang2 menerimakiriman mail2 yang sembarangan dan seenaknya membuat saya kesal juga. Saya ucapkan selamat karena masih bisa menahan diri dan mau membantu orang2 yang tergabung di milis ini.

Satu hal yang saya masih herankan adalah masih banyakorang yang tidak mau mencari sendiri terlebih dahulu, padahal dengan memakai search engine seperti yahoo ataupun google, saya yakin mereka paling tidak mendapatkan suatu jalan, entah menemukan jurusan atau universitas yangmereka cari. Satu hal yang memang agak sulit adalah ketersediaan informasi mengenai beasiswa yang tepat, yang sesuai dengan jurusan dan universitas yang kita minati. Dan milis ini saya rasa sebenarnya adalah sarana yang tepat buat mereka2 yang mencari info tersebut, bukan info mengenai jurusan ataupun universitasnya (terlepas dari adanya jurusan dan/atau universitas yang secara spesifik memberikan beasiswa dan dikirim via milis ini).

Mungkin sebaiknya ada panduan awal bagi para milister untuk mencari jurusan dan/atau universitas yang mereka minati memakai search engine (cukup pakai yahoo atau google). Dengan adanya panduan ini, setidaknya orang yangbersangkutan mencari dulu sendiri, apabila tidak menemukan atau kurang paham, baru bertanya di milis ini. *

Kebetulan saya juga menemukan program Master saya dengan cara ini. Sekarang saya mahasiswa Master program Discrete Mathematics and Application (DMA) Technische Universiteit Eindhoven (TU/e) Netherlands, baru masuk september lalu. Kebetulan juga saya mendapat beasiswa DELTA (walaupun parsial) dari universitasnya (mungkin atas kerjasama pemerintahnya, saya kurang tahu). Sekian saja isi surat ini. Terima kasih atas perhatiannya. Mudah2an milis ini selalu berguna buat banyak orang (mudah2an kelak saya juga bisa memperoleh beasiswa dari milis ini :) ).

Salam,
phacoel

*Tambahan dari moderator:
Sebetulnya milis Beasiswa sudah membuat panduan ini, silakan lihat di sini:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/7390
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/6205
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/7525

0 comments:

copyright milis beasiswa