Adji: Sebuah Keajaiban Mendapatkan Beasiswa

Saya mau berbagi cerita nih. Maaf sebelumnya baru bergabung. Tapi saya sudah lama menjadi anggota pasif di milis ini.

Sekedar info, saya sekarang sedang studi S2 di Universiteit Hasselt (UHasselt), Belgia. Saya mendapatkan beasiswa dari UHasselt untuk Master of Science in Applied Statistics. Sebenarnya saya adalah salah satu orang yang tidak diterima beasiswa VLIR tahun 2006 ini. Saya mendapat pemberitahuan dari VLIR bahwa saya masuk dalam daftar tunggu (waiting list), tapi pihak VLIR sendiri memberitahukan bahwa saya bisa menjadi mahasiswa UHasselt, tanpa beasiwa VLIR kalau dalam keadaan saya gagal mendapatkan beasiswa VLIR. Dan akhirnya pihak VLIR menyatakan bahwa tidak ada calon dari daftar tunggu yang di ambil untuk UHasselt.

Saya tidak kehabisan akal. Saya mencoba mengontak pihak UHasselt, yaitu Prof. Paul Jansen. Sebelum pengumuman penerima beasiswa VLIR, saya memang telah mengontak Prof. Paul Jansen dan direspon dengan baik oleh beliau. Dia memang menegaskan saya diterima di UHasselt, tapi dia menyarankan saya mencari beasiswa lain selain VLIR. Dia menyarankan mencoba BTC. Tapi juga gagal. Dan akhirnya setelah beberapa waktu, pihak UHasselt mengontak saya bahwa saya mendapatkan beasiswa dari Univ. Uniknya, pihak UHasselt menyatakan bahwa saya adalah penerima beasiswa (dari mancanegara) pertama. Dan bisa dipertimbangkan untuk tahun depan dibuka lagi kesempatan tersebut. Dan alhamdulilah beasiswa tersebut hampir sama besarnya dengan beasiswa VLIR, dan mengcover segalanya.
Dari cerita saya, saya ingin berbagi dengan kawan2, cobalah mencari info secara aktif di setiap Univ, dan moga2 ada seperti saya sebuah keajaiban. Karena mungkin saja ada Univ yang memberikan beasiswa yang memang tidak diumumkan di publik. Ingat, bahwa kegagalan mungkin adalah awal dari sebuah keberhasilan dan jangan cepat putus asa.

Sekian cerita dari saya. Semoga dapat bermanfaat. Selamat berjuang buat rekan2 yang ingin mengejar beasiswa.


Adji Achmad Rinaldo Fernandes
Statistics, Brawijaya University

0 comments:

copyright milis beasiswa