Bekti D. Andari: Sharing Cara Mendapatkan Beasiswa

29 Agustus 2007

Karena banyak yang bertanya pada japri , yang temanya hampir sama, maka saya jawab saja di milis. Maaf, soalnya di minggu pertama ini masih adaptasi sana sini jadi waktu agak terbatas. Semoga membantu.

1. Bagaimana mencari beasiswa
Bisa didapatkan informasinya di files di milis ini atau buku buku yang diterbitkan mas Togap and mbak Pangesti. Selain websites internet, kampus dan mulit ke mulut.

2. Proses paling berpengaruh di Chevening
Saya kira semua berpengaruh, cuma memang yang menentukan paling awal adalah formulir kita. bagaimana kita bisa meyakinkan pemberi dana, apa yang akan kita lakukan dan apa yang sudah kita punyai untuk itu dan apa yang masih kurang. Di Chevening setelah formulir selection--tes bahasa inggris dasar (bukan ielts apa toefl) -- wawancara -- ielst test -- masuk kursus bahasa 2 atau 1 bulan tergantung score ielts -- tes ielst lagi-- tes kesehatan -- dapat unconditional offer letter dari universitas -- berangkat. Semua berlaku sistem gugur, artinya jika satu tahap saja miss, misalnya ielts score tidak mencapai minimal 6.5 maka ya keberangkatan gagal meski dah dapat surat ok dari Uni.

3. Apakah menulis Essay?
Tidak. namun di formulir awal saja ada banyak kolom yang harus diisi. Bukan essay namun lebih pada visi kedepan. Cek saja formulirnya di www.chevening.or.id

4. Apakah harus sudah dapat Profesor dulu?
Pengalaman saya sih tidak, karena kebetulan saya baru ambil Master by course. Kurang tahu untku yang Ph.D atau master by research. Cuma kalau sudah ada yg interestnya sama mungkin akan lebih mudah nantinya di proses pembelajaran, bukan nyari beasiswanya.

5. Kok nggak dapat dapat?
Hem.. saya tidak bisa berkomentar:) karena banyak faktor yang tidak melulu dari kita.
Namun intinya tidak mudah menyerah dan fokus, fokus, fokus. Saya kira itu semoga membantu ..

salam#
bekti

0 comments:

copyright milis beasiswa