Meti K Prasetyo: Akhirnya Datang Juga!

Terima kasih pada para moderator juga anggota milis beasiswa atas informasi, sharing dan testimonialnya yang membuat saya tetap memegang mimpi.

Akhirnya!

Tercapai juga akhirnya keinginan untuk meneruskan S2 ke luar negeri. Proses yang panjang dan memberikan pembelajaran tersendiri. Pada saat 'hati' berkata, seleksi beasiswa inilah yang terakhir akan saya jalani (terkait juga dengan umur yang semakin bertambah)bila ternyata ditolak, saya akan mencari jalan pengembangan diri yang lain. Tepat saat itu ternyata Tuhan menghendaki saya untuk lulus seleksi.

10 tahun penantian yang sangat berarti. Banyak pelajaran yang saya petik selama proses penantian itu. Pembelajaran yang terbesar adalah justru belajar sabar dan introspeksi diri. Pada setiap kegagalan saya mencoba mencari titik lemah dan memperbaikinya. Juga meluruskan niat agar pencarian beasiswa ini murni untuk mencari ilmu dan pengembangan diri, bukan sekedar mencari gelar.

Berbicara tentang niat. Banyak orang mengatakan bahwa PNS memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima dalam proses seleksi beasiswa, terutama beasiswa Government to Government (G2G). Terus terang, ini menjadi salah satu faktor yang membuat saya mau menjadi guru dengan status PNS. Pikiran saya, tentunya dengan status PNS akan lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa. Ternyata, bayangan saya sama sekali berbeda dengan kenyataan. Di institusi dimana saya bekerja untuk memperoleh ijin memasukkan aplikasi saja ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Di situ saya sempat berfikir apakah kesulitan ini saya alami justru karena niat awal saya yang tidak murni untuk mengajar. Tetapi yang pasti, sharing dan penguatan yang saya dapatkan dari milis beasiswa@yahoogroups.com, beberapa teman dan terutama suami saya membantu saya untuk tetap memegang mimpi.

Meskipun gagal memperoleh beasiswa pada tahun 2005, saya tetap melakukan kontak dengan universitas di Belanda yang saya tuju dan saya meminta dukungan dari atasan langsung di kantor. Alhasil di akhir tahun 2007, justru contact person dari pihak universitas yang memberi jalan dengan menunjukkan 2 beasiswa yang mungkin bisa saya ikuti, sekaligus membantu membuatkan rekomendasi dari Fakultas.

Alhamdulillah, akhirnya tahun ajaran ini (2008-2009)saya berhasil mendapatkan beasiswa penuh dari University of Twente, UTS Scholarship Programme.

Intinya bersabar, tetap memegang mimpi dan selalu cari penguatan positif.

Meti K. Prasetyo
metiks at gmail.com

2 comments:

pojok geger mengatakan...

doakan saya bisa menyusul kak meti... hehehe

wulandari eka mengatakan...

saya wulandari eka mau ikut mendaftar pelatihan ITEC di India, bisa sharing gimana?

ini email saya wulandariprasetyati@gmail.com

copyright milis beasiswa