Taufiq Asyhari: Alhamdulillah dan Makasih buat Milis Beasiswa

20 Mei, 2008

Saya mengucapkan terima kasih sekali and apresiasi yang tinggi kepada member milis beasiswa, terutama untuk moderatornya. Saya join milis ini saat masih tahun pertama kuliah S1. Dari situ, banyak sekali info2 yang sangat berguna dalam aplikasi beasiswa di luar negeri. Tak jarang pula banyak kisah yang menurut saya cukup inspiring dan
motivating buat scholarship hunter. Ada pula diskusi seperti status kewarganegaraan yang tinjauannya cukup menarik dari berbagai sudut.

Sejak mengenal milis beasiswa ini saya mulai berani bermimpi untuk bersekolah sampai jenjang yang tinggi (paling tinggi klo mungkin).. Untuk mewujudkan mimpi itu tentu perlu perjuangan yang tidak gampang. Sejauh pengamatan saya, beasiswa seperti ADS, Fullbright, dsb diutamakan untuk dosen/PNS. Dalam hal tertentu, beberapa beasiswa mempersyaratkan pengalaman kerja, padahal keinginan melanjutkan kuliah lagi setelah S1 selesai.

Dari situ saya pun berpikir untuk keluar dari pakem.. Saya menantang diri saya sendiri untuk berani berkompetisi untuk beasiswa umum yang terbuka bagi orang seluruh dunia.. Untuk pengalaman kerja, saya bakal memperkaya dengan riset2 yang dilakukan saat masih kuliah S1.

Dan alhamdulillah, mimpi saya tadi perlahan-lahan mendekati kenyataan skrg. Setelah lulus 1 thn setelah kuliah, alhamdulillah saya mendapatkan offer 5 beasiswa dari 7 beasiswa yang saya daftar. EIPRS and MIRS adalah 2 beasiswa pertama yang di-offer untuk study MEngSc dan PhD di University of Melbourne. Saya pun lolos untuk beasiswa Erasmus Mundus program Master of Research on ICT (MERIT). Dua terakhir adalah beasiswa dari Cambridge, i.e. Overseas Research Studentship (ORS) dan Cambridge Overseas Trusts (i.e.Yousef Jameel Scholarship) untuk study PhD di University of Cambridge. Kemungkinan besar saya memutuskan untuk mengambil yang terakhir ini.

Perjuangan mencari beasiswa tsb memerlukan usaha keras, kesabaran, dan tawakal. Yang paling berat adalah yang 2 terakhir. Kompetisi yang intens membuat saya hanya bisa mengusahakan yang terbaik menurutkemampuan saya dan berpasrah kepada 4JJI SWT. Kalaupun memang jodoh, pasti akan dimudahkan oleh-Nya. Beberapa anggota milis beasiswa juga sempat berkorespondensi privat ttg peluang2 beasiswa di UK. Terima kasih untuk semuanya dan mudah2an 4JJI membalas kebaikan kalian semua. Lebih dari ini semua, perjuangan setelah mendapatkan beasiswa pasti lebih terjal dan berliku..

Untuk yang masih berjuang mencari beasiswa, semangat ya! Mulai dengan planning dan cari informasi.. Dalam zaman informasi seperti ini, siapa yang punya informasi lebih banyak, dia lah yang bakal punya lebih banyak keuntungan. Kenali juga potensi dan kemampuan diri dan optimalkanlah hal2 tsb dalam mencari beasiswa.

Cheers,
Taufiq
taufiq_baik at hotmail.com

0 comments:

copyright milis beasiswa