Cantique: Lulus Beberapa Beasiswa

Menarik sekali membaca ketidaknyaman rekans atas pertanyaan2 lugu para pencari beasiswa. Saya tidak pernah ditanya-tanya ttg beasiswa tapi pernah beberapa kali bertanya ttg beasiswa ke milis dan hampir tidak pernah dimuat krn dianggap lugu atau tidak penting (?). Duh..padahal saya perlu banget jawabannya :(.

Saya bergabung dengan milis ini 4 tahun lalu. Mulai 1.5 tahun lalu saya mencari beasiswa PhD untuk bidang computer science. Saya membaca dengan teliti email2 di milis. Tanpa bertanya ke rekan milisers saya mempersiapkan berbagai hal yag kira2 bakal diperlukan untuk apply beasiswa. Yang saya siapkan kurang lebih sama lah dengan yang dibilang Mas Condro (bukan Joko :D) di email sebelumnya:
- meningkatkan toefl dan ambil toefl internasional
- mempersiapkan dokumen2: scanned transcript- passport- toefl, CV, motivation/cover letter, recommendation letters, translate dokumen penting seperti akte, ijazah, transkrip
- buat research proposal singkat: 5-6 halaman
- search banyak sekali website berbagai universitas untuk cari professor/research groups dan beasiswa2
- kontak2 professor
- berdoa super intensif :D
- dll dsb

Dalam proses tersebut ada informasi yang sudah saya cari tapi tidak saya dapatkan dari website. Waktu itu info yang saya butuhkan berkaitan dengan kedudukan supervisor dr negara asal untuk apply beasiswa Nuffic. Saya jg pernah bertanya ttg biaya real untuk tahun pertama program PhD computer science di UK. Tentu saja ttg ini saya juga sudah bertanya ke student service center di sana tapi saya perlu informasi yang lebih detil dari mahasiswa phd di bidang yang sama, maklum hitung2an biaya ini untuk scholarship provider jadi perlu detil dan harus lumayan presisi lah. Sedihnya, pertanyaan sy tersebut gak dimuat, mungkin krn dianggap tidak penting. Di lain waktu saya lihat bbrp email di milis ini membahas mendapatkan tiket murah ke suatu negara :-?, info yang sebenarnya mudah didapatkan dr luar milis ini.

Tapi itu dulu. Sekarang alhamdulillah saya telah lulus beberapa beasiswa. Trima kasih banyak untuk moderators dan rekan milisers. Berkat info2 beasiswa di milis ini, saya pernah mendapat beasiswa shortcourse di belanda selama beberapa bulan dan riset di italia tahun lalu. Dan setelah jatuh bangun mengejar sekolah dan beasiswa untuk PhD, alhamdulilah ada 7 professor yang bersedia membimbing saya (southampton, cardiff, eindhoven (2), amsterdam, canterbury,
UKM malaysia) dan diantaranya bersedia memberikan studentship juga.

Alhamdulillah juga saya lulus untuk 2 full PhD scholarships, dan 1 research grant dari sebuah lembaga di Eropa. Insya Allah oktober tahun ini saya akan memulai program PhD computer science di UK dengan bimbingan salah satu professor tersebut. Mohon doanya semoga segala sesuatunya lancar. Terima kasih.

salam
Cantique Aunty

Nicholas: Setelah Menganggur Setahun Mendapat Beasiswa Full di Singapore

Setelah menganggur cukup lama (1 tahun setelah lulus S1), melalui jalan yang berliku-liku, naik turun pula, mengalami saat-saat yang membuat frustasi, akhirnya dalam waktu dekat saya akan melanjutkan studi di Nanyang Technological University (NTU), Singapore, dengan beasiswa full dari NTU.

Saya berterima kasih kepada para moderator dan anggota milis atas info dan tips-tips mendaftar beasiswanya. Lebih khusus lagi, saya berterima kasih pada Pak Anggiet Ariefianto atas tipsnya : mendaftar universitas dan beasiswa lebih dari 1, mengorbankan dana untuk investasi awal (tes
bahasa Inggris, pengiriman dokumen via layanan kurir); dan Mas Yansen Darmaputra atas jawaban dari pertanyaan saya waktu itu.

BTW, lewat milis ini juga saya bertemu dengan seorang teman sekelas waktu SMA, yang ternyata sudah mendahului saya kuliah di luar negeri (halo Pi! Hoe gaat het?).

Sekian e-mail saya. Terima kasih banyak atas bantuan Anda semua.


Hormat saya,
Nicholas Mario Wardhana

Emmidia: Milis ini Jadi Inspirasi Untuk Saya

Saya sudah lama bergabung di millist ini, dan banyak sekali yang saya dapatkan bagaimana mengajukan beasiswa , trik dan cara2nya, selain itu buku Andrea Hirata yang judulnya Endensor juga jadi inspirasi untuk saya menyiapkan beasiswa ini dengan baik.

Alhamdulillah saya kemarin terima surat dari Asian Institute Techology Thailand untuk program MASTER di School of Environment, resources and Development, field of study : Environmental Engineering and Management, yang menyatakan bahwa saya diterima untuk kuliah disana, tapi beasiswanya saya tidak dapat karna terbatasnya kapasitas yang tersedia.

Alhamdulilah lagi pihak AIT bersedia untuk menyimpan berkas-berkas saya dan insyaallah akan diajukan lagi untuk semester depan bila saya masih berminat untuk melanjutkan studi ini.

Akhirnya setelah dipertimbangkan saya mengajukan keringanan biaya kuliah dengan cara mencicil, atau saya mengajukan keringanan biaya kuliah dengan bekerja di universitas tersebut sebagai Assistant profesor atau academic staff, sedangkan untuk biaya hidup kemungkinan bisa saya tanggung dengan bekerja paruh waktu setelah waktu belajar selesai.Tapi request saya ini belum dibalas atau dijawab oleh pihak AIT.

Sementara itu saya juga berusaha untuk mendapatkan donor dari luar, dari perusahaan yang terkat langsung dengan bidang yang saya minati ini.

Beberapa saat yang lalu saya menghubungi pihak kedutaan Thai di jakarta dan saya dapat info kalau dari kedutaan beasiswa hanya G to G alias dari pemerintah dan hanya untuk pegawai pemerintah (PNS).lalu saya di beritahu untuk mengajukan ke ASEAN FONDATION.

Mudah - mudahan saya bisa mendapatkan donor dari luar dan melanjutkan kuliah di AIT Thailand.(kalau ada yang punya info lain kasih kabar ya...)

Terima kasih banyak untuk teman2 yang sering krim-kirim info tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa.Mudah2an kebaikan teman2 mendapat balasan dari Allah SWT.

Amin....

Best regards

Emmidia Djonaedi
bidadarimanis.multiply.com

Yon Daryono: Setelah Bertahun Tahun Bergabung dengan Milis...

Setelah bertahun-tahun bergabung dengan millis ini, dan terus bermimpi dapat beasiswa S2 di luar negeri, alhamdulillah doa saya dikabulkan olehNya. Insya Allah tahun ini saya berangkat ke Belanda dengan Beasiswa Stuned Neso Indonesia.

Terus mencari informasi dan berdoa adalah kunci utama. Saya yakin semua usaha dan doa yang baik akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Maaf ini sekadar berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang masih berjuang untuk mendapat beasiswa. Jangan patah semangat, dan terus baca pengalaman-pengalaman dan trik rekan-rekan di milis ini. Insya Allah Anda semua akan mendapatkan apa yang dicita-citakan.

Untuk Moderator milis ini, terima kasih banyak atas info-info yang diposting.

Salam hangat,
Yon Daryono
Batam-Kepri

Anggiet: Hal-Hal Penting Kalau Mendaftar Beasiswa

Puji Tuhan saya kemarin dinyatakan menerima beasiswa dari pemerintah Kanada.

Beasiswa ini diberikan pemerintah Kanada melalui Immigrant Service Society. Memang beasiswa ini diberikan untuk newly landed migrant, ditujukan kepada migran yang baru mendarat di Kanada maksimal 1 tahun untuk mendalami bidang2 yg akan berguna untuk komunitas migran di Kanada. Bidang yang saya pilih adalah Counseling for Family Issues and Drug Abuse. Memang beasiswanya tidak banyak, hanya 1000$ tapi lumayan mengingat total biaya pendidikannya 3000$.

Yang membanggakan adalah beasiswa ini hanya diberikan kepada satu orang migran yg mendarat di provinsi British Columbia dan saya adalah orang Indonesia pertama yang mendapatkan grant ini. Ini adalah beasiswa saya yang ke sembilan.

Sekali lagi beasiswa ini menunjukkan bahwa kunci penting memperoleh beasiswa adalah resourcing. Saya mengetahui adanya beasiswa ini dalam tempo 1 bulan sejak saya mendarat di Kanada, saya teliti betul apa visi misi beasiswanya dan saya berhasil meyakinkan panel penyeleksi bahwa saya punya visi misi yg jelas dan seiring dengan visi misi mereka. Ide saya sederhana, saya katakan bahwa saya butuh lisensi untuk memberikan konsultasi di bidang penanganan pecandu narkoba karena beberapa tahun belakangan bekerja di bidang pemberantasan narkoba dan narkoba juga menjadi masalah besar bagi migran Asia di Kanada (yg jumlahnya lebih dari 80% dari total migran, Kanada menerima 50,000 migran/tahun). Saya akan ambil spesialisasi pecandu narkoba di kalangan migran Asia di British Columbia. Intinya, visi misi saya jelas, sejalan dengan mereka. Masalah saya benar2 nanti akan bekerja untuk migran Asia di BC itu khan urusan nanti.

Menurut saya hal2 seperti ini penting untuk dipahami kalau mendaftar beasiswa:
1. Pantau beasiswa2 yang tersedia buat daftar
2. Perhatikan persyaratan beasiswa, pilih beasiswa yang persyaratannya bisa kita penuhi
3. Pelajari bidang2 studi yang tersedia cari yang cocok (sesuai dgn latar belakang pekerjaan, pendidikan, minat, visi dan misi pemberi beasiswa dst). Harus ada keseimbangan, jangan ngotot pokoknya harus S2 di bidang A. Jangan daftar untuk S2 bidang sains utk beasiswa bidang sosial, dst.
4. Buat motivation letter yg meyakinkan (Kebanyakan anggota milis yang minta saya koreksi motivation letter, motivation letternya lebih mirip novel. Biasakan menulis motivation letter yang singkat, padat, berbahasa resmi.

AA

copyright milis beasiswa