Ira: Gigih and bersabar

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Sekitar pertengahan 2003 saya mengirimkan undangan lewat milis beasiswa untuk mengajak teman-teman yang berminat memperbaiki nilai GMAT untuk membentuk kelompok belajar bersama dengan motto "dari kita untuk kita".

Segera setelah undangan saya dimuat, terdaftar sekitar 70-an peminat. Sayangnya sekitar 30 orang diantaranya berada di luar Jakarta sehingga tidak bisa ikut bergabung. Mereka berharap agar kelompok belajarnya virtual (lewat e-mail) yang sayangnya tidak dapat saya bantu karena sistem belajar yang saya yakini efektif adalah yang tatap muka (apalagi penjelasan untuk setiap jawaban soal biasanya sangat panjang dan 'seru'). Dari sekitar 40 orang yang berada di Jakarta, hanya sekitar 15 orang yang betul-betul sempat bertemu saya dan dari 15 itu, hanya sekitar 10 orang
yang betul-betul ikut kegiatan belajar, dan dari situ, hanya sekitar 5 yang betul-betul tekun.

Hal terpenting yang saya dapatkan dari kelompok belajar ini adalah 'teman seperjuangan'. Meskipun kami bertemu hanya 2 atau 3 kali dalam sepekan, kami saling menyemangati dan mendorong agar setiap anggota juga belajar sendiri di rumah masing-masing.

Alhamdulillah, saya mencapai nilai GMAT yang baik dan sekarang saya mendapat beasiswa dari Sampoerna Foundation ke Australia. InsyaAllah akan berangkat pertengahan Januari 2005.

Meskipun agak klise, saran untuk teman-teman yang sedang berusaha mendapatkan beasiswa adalah:
1. Jangan pernah menyerah. Be persistent/istiqamah/tekun/gigih.

2. Pahami requirementnya/syarat-syaratnya dengan baik.

3. Segera bentuk diri kita untuk memenuhi requirement itu.

Misalnya, kalau requirementnya adalah "pernah menerbitkan tulisan", segera belajar untuk menerbitkan tulisan meskipun kecil-kecilan di majalah dinding kantor, di newsletter remaja masjid, di surat pembaca koran, menerjemahkan, mengedit, dan cari segala kesempatan untuk bisa menerbitkan tulisan.

Atau, kalau requirementnya adalah aktif dalam kegiatan sosial, maka segera cari segala kesempatan untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran kita untuk kegiatan-kegiatan sosial. Musibah Aceh adalah ladang pahala/amal yang besar sekaligus kesempatan untuk membentuk diri kita menjadi orang yang memenuhi persyaratan beasiswa.

Kalau kemampuan berbahasa asing selain b. inggris akan memberi nilai tambah, maka segera cari cara untuk bisa belajar bahasa asing tambahan.

4. Berdo'a. Karena kita sesungguhnya tidak pernah punya kuasa apapun selain yang diperkenankan Allah.

5. Setelah itu, bersabar. Karena sesungguhnya Tuhan selalu lebih mengetahui tentang apa yang terbaik bagi kita.

Sekitar 15 tahun yang lalu, saya pernah gagal mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar Indonesia-Amerika karena B. Inggris saya masih hancur-lebur. Awalnya saya kecewa. Tapi beberapa tahun kemudian, baru tampak oleh saya bahwa tidak berhasilnya saya mendapatkan beasiswa itu sebenarnya adalah sebuah rahmat bagi saya karena hidup saya di Indonesia selama beberapa tahun kemudian itu sungguh telah membentuk saya menjadi orang yang lebih baik dibandingkan yang saya prediksi kalau saya
mendapatkan beasiswa tersebut.

Percaya bahwa Tuhan pasti Maha Adil. Setiap usaha kita tidak akan pernah ada yang menguap sia-sia. Setiap perbuatan baik, sekecil apapun, pasti berbalas. Setiap usaha kita, pasti mendatangkan hasil yang sepadan.

-Ira-

17 comments:

Anonim mengatakan...

Membaca testimonial tentang beasiswa membuat mimpi saya timbul lagi, dan yang mebuat saya lebih semangat ternyata banyak yang berhasil setelah melewati beberapa kegagalan dan kekurangan yang ada..
Ada email yg bisa saya hubungi untuk lebih mengetahui sisi lain kisah suksesnya saudara Ira yang Gigih dan Bersabar sehingga mendapat apa yang didamba..yaitu beasiswa
Insya Allah saya bisa juga, dengan segala kekurangan yang ada...

Salam

Didit P

Anonim mengatakan...

Membaca testimonial tentang beasiswa membuat mimpi saya timbul lagi, dan yang mebuat saya lebih semangat ternyata banyak yang berhasil setelah melewati beberapa kegagalan dan kekurangan yang ada..
Ada email yg bisa saya hubungi untuk lebih mengetahui sisi lain kisah suksesnya saudara Ira yang Gigih dan Bersabar sehingga mendapat apa yang didamba..yaitu beasiswa
Insya Allah saya bisa juga, dengan segala kekurangan yang ada...

Salam

Didit P

moderator mengatakan...

ini dia emailnya sdr Ira: ira_rahmawati@ici.com

Anonim mengatakan...

wah baca testimonialnya ira buat saya bangkit lagi untuk mencoba.... memang semua tergantung dari ketekunan yaa... :D ok deh kk.. thank u yah

salam

Arie

Ira Rahmawati mengatakan...

Hi,
Saya Ira Rahmawati, dan insyaAllah akan berada di Jakarta mulai hari Selasa minggu depan tanggal 12 Juli sampai hari Senin tanggal 18 untuk keperluan Annual Gathering Sampoerna Foundation. Saya sangat ingin share tentang cara mendapatkan beasiswa dengan teman-teman, tapi saya tidak tahu tempat yang cocok untuk hal seperti ini sebaiknya di mana. Kalau ada teman yang berminat untuk tahu lebih banyak tentang cara mendapatkan beasiswa, silahkan usulkan tempat pertemuannya. E-mail saya sekarang: i.rahmawati@student.mbs.edu

Alul mengatakan...

Buat ira salam kenal aja dari saya Alul, trus terang stelah membaca testimonialnya km keinginan saya tuk kul ke luar negeri semakin kuat.saya berharap bisa kuliah ke jerman.mungkin klu ada informasi2 yang lain sudi kiranya untuk membaginya buat saya....makasih yaa

leonita mengatakan...

Aduh, ada cerita tentang Mbak Ira.
Iya nih, Mbak Ira nih yang ngumpulin kami semua dalam satu kelompok belajar. Dan bener2 efektif. Selain itu, Mbak Ira nih sangat mendukung temen-temennya, kalo ada yang 'down' pasti digenjot lagi sama Mbak Ira..:)

Goodluck with ur study then :)

Anonim mengatakan...

32.anf

win32.anf

win32.anf

win32.anf

win32.anf

win32.anf

win32.anf

win32.anf

win32.anf

win32.anf

win32.anf

isa mengatakan...

Baru kali ini,buka2 mailist beasiswa...setelah sekian bulan hopeless....eh, seneng banget ama ceritanya mbak Ira....aku mau deh, ngikut kelompok belajarnya...asli,antusias banget neh....

Anonim mengatakan...

need help...!!!!!
plis bgt buat ira,,
saya udah kelas 3.dan pengen bgt bljr keluar negri.cuma ga ada biaya.jadi mohon bgt bantuin saya agar bisa mendapat beasiswa yang pas.kelas3 lulus kan tdk lama lagi, jadi mohon bantuannya.
kebetulan dari skolah ada uKorea(uKyungsung) yg menawarkan beasiswa.tapi itu baru bgt,jadi saya tidak tahu bagus atau tidak.
tolong kasih kabar di vivien_aja@yahoo.com atau ivienz@hotmail.com (kirim ke 2-2nya aja ya.)
thank's bgt

Anonim mengatakan...

assalammualaikum wr wb
mba Ira yang gigin dan sabar, testimonialnya membuat saya bangkit, mulai melangkah, dan insya Allah akan berlari.

plan mengatakan...

Hey this blog is not about ira

I have been doing hours of research on "401k" and it brought me to your blog on Ira: Gigih and bersabar. Anyways, Mer I was reading your blog and I think it is really cool. It’s really a pleasure reading your posts! Keep up the great work.

Keep blogging away :-)

403b mengatakan...

Hey, you have a great blog here! I'm definitely going to bookmark you!
I have a 457b site/blog. It pretty much covers 457b related stuff.
Come and check it out if you get time :-)

403b mengatakan...

Hi Mer, I read your post which I find interesting and very informative! I was also looking for related info which I found
Some at 457b
It's not exactly what I was looking for but it was nonetheless interesting to read.

Anonim mengatakan...

Kenalkan nama saya Futuhiyat, panggil saja puput.Setelah membaca pengalaman orang2 yang berhasil mendapatkan beasiswa di LN,itu membuat semangat saya timbul lagi untuk terus mencari beasiswa,saya percaya bahwa keberhasilan tidak dicapai dengan mudah bagaikan membalikkan telapak tangan, itu semua dapat dicapai dengan usaha dan do'a.Slamat buat mbak Ira semoga mbak senantiasa diberikan kelancaran dalam study.oia kalo ada info ttg S2 Psikologi tlg kabari ya ke futuhiyat82@yahoo.com. mdh2an perkenalan kita terus berlanjut.Thanks

457b mengatakan...

Hi - I’m a newbie trying to find some information
relating to 403b
However, I managed to find your Blog which I think is interesting and had some relevance to what I was looking for. Thanks for your post and do keep up your good work.!

401k retirement mengatakan...

Hi Mer, I have been visiting sites for hours and I really like what you have done with your blog. Informative and interesting! In fact I found your site just after
I visited 403b
It's not exactly what I was looking for but it was nonetheless interesting to read.

copyright milis beasiswa