Cantique: Lulus Beberapa Beasiswa

Menarik sekali membaca ketidaknyaman rekans atas pertanyaan2 lugu para pencari beasiswa. Saya tidak pernah ditanya-tanya ttg beasiswa tapi pernah beberapa kali bertanya ttg beasiswa ke milis dan hampir tidak pernah dimuat krn dianggap lugu atau tidak penting (?). Duh..padahal saya perlu banget jawabannya :(.

Saya bergabung dengan milis ini 4 tahun lalu. Mulai 1.5 tahun lalu saya mencari beasiswa PhD untuk bidang computer science. Saya membaca dengan teliti email2 di milis. Tanpa bertanya ke rekan milisers saya mempersiapkan berbagai hal yag kira2 bakal diperlukan untuk apply beasiswa. Yang saya siapkan kurang lebih sama lah dengan yang dibilang Mas Condro (bukan Joko :D) di email sebelumnya:
- meningkatkan toefl dan ambil toefl internasional
- mempersiapkan dokumen2: scanned transcript- passport- toefl, CV, motivation/cover letter, recommendation letters, translate dokumen penting seperti akte, ijazah, transkrip
- buat research proposal singkat: 5-6 halaman
- search banyak sekali website berbagai universitas untuk cari professor/research groups dan beasiswa2
- kontak2 professor
- berdoa super intensif :D
- dll dsb

Dalam proses tersebut ada informasi yang sudah saya cari tapi tidak saya dapatkan dari website. Waktu itu info yang saya butuhkan berkaitan dengan kedudukan supervisor dr negara asal untuk apply beasiswa Nuffic. Saya jg pernah bertanya ttg biaya real untuk tahun pertama program PhD computer science di UK. Tentu saja ttg ini saya juga sudah bertanya ke student service center di sana tapi saya perlu informasi yang lebih detil dari mahasiswa phd di bidang yang sama, maklum hitung2an biaya ini untuk scholarship provider jadi perlu detil dan harus lumayan presisi lah. Sedihnya, pertanyaan sy tersebut gak dimuat, mungkin krn dianggap tidak penting. Di lain waktu saya lihat bbrp email di milis ini membahas mendapatkan tiket murah ke suatu negara :-?, info yang sebenarnya mudah didapatkan dr luar milis ini.

Tapi itu dulu. Sekarang alhamdulillah saya telah lulus beberapa beasiswa. Trima kasih banyak untuk moderators dan rekan milisers. Berkat info2 beasiswa di milis ini, saya pernah mendapat beasiswa shortcourse di belanda selama beberapa bulan dan riset di italia tahun lalu. Dan setelah jatuh bangun mengejar sekolah dan beasiswa untuk PhD, alhamdulilah ada 7 professor yang bersedia membimbing saya (southampton, cardiff, eindhoven (2), amsterdam, canterbury,
UKM malaysia) dan diantaranya bersedia memberikan studentship juga.

Alhamdulillah juga saya lulus untuk 2 full PhD scholarships, dan 1 research grant dari sebuah lembaga di Eropa. Insya Allah oktober tahun ini saya akan memulai program PhD computer science di UK dengan bimbingan salah satu professor tersebut. Mohon doanya semoga segala sesuatunya lancar. Terima kasih.

salam
Cantique Aunty

4 comments:

Anonim mengatakan...

setelah membaca cerita Anda tentang jatuh bangun mendapatkan beasiswa, saya benar2 terharu,boleh dibilang pemacu semangat saya untuk selalu usaha dan optimis dalam mendapatkan beasiswa. Dua kali saya apply beasiswa ADS dan dua kali pula saya di interview, tapi belum juga lolos. Tahun ini saya kepanggil lagi untuk test dan interview, smoga saya lolos dalam mendapatkan beasiswa. Selain ADS saya juga pernah apply Aminef, Monbusho serta Stuned, tp selalu gagal dan belum lolos dalam test interview. Mungkin dengan membaca blog Anda motivasi saya bangkit lagi. mohon doanya.

Anonim mengatakan...

wah, saya jd makin termotivasi nih setelah membaca pengalaman anda...
mudah-mudahan saja saya juga bisa berhasil mendapatkan beasiswa ke luar...amien

Beasiswa mengatakan...

Memang benar, mendapatkan beasiswa tidaklah mudah. Perlu perjuangan. Salut buat penulis yang begitu gigih untuk mendapatkan beasiswa. Artikel ini dapat memberikan motivasi bagi kita untuk tidak berhenti mencari beasiswa.

Anonim mengatakan...

selamat berjuang semuanya, jgn prnah nyerah buat dpetin impian mu .come_to_istanbul@yahoo.com

copyright milis beasiswa